Newhopegilbert

Kumpulan Artikel Game

Sejarah Pramuka

Newhopegilbert – Sejarah Pramuka mempunyai kisah dan perjuangan yang sangat panjang hingga bisa diterima seperti sekarang. Awal berdirinya Pramuka sendiri tentu tidak lepas dari sosok Lord Robert Baden Powell. Dia adalah orang pertama sekaligus pencetus dari kegiatan Pramuka.

Tujuan Dilakukannya Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka bisa diartikan sebagai pendidikan mengenai kepanduan. Pendidikan itu sendiri tentunya adalah salah satu bagian dari pendidikan nasional. Tujuan utamanya adalah membina anak muda untuk meraih potensi spiritual, sosial, fisik dan intelektual. Hal tersebut terwujud demi usaha untuk:

  • Pembentukan karakter dan keimanan mulia anak muda
  • Menumbuhkan cinta tanah air, bela negara dan semangat kenegaraan anak muda
  • Membantu dalam proses meningkatkan kemampuan anak muda. Tujuannya supaya mampu menjadi bagian masyarakat yang bermanfaat.
  • Mengasah kemampuan jadi calon pemimpin yang tanguh dan handal dimasa yang akan datang.

Sejarah Berdirinya Pramuka dan Perkembangannya

Sejarah Pramuka dunia dimulai pada tahun 1907. Namun baru benar-benar didirikan pada tahun 1908. Pendirinya sendiri telah kita sebutkan sebelumnya yaitu Lord Robert Baden Powell atau Baden Powell. Kegiatan Pramuka berdiri berdasarkan pada buku hasil karya Powell.

Buku tersebut berjudul scouting for boys yang resmi diluncurkan tahun 1908. Buku inilah yang kemudian menjadi dasar-dasar gerakan Pramuka. Bahkan sejak saat itu banyak orang terinspirasi lalu mendirikan gerakan Pramuka.

Awalnya gerakan Pramuka lebih ditujukan untuk anak laki-laki. Namun seiring dengan perkembangannya mulai muncul gerakan Pramuka untuk wanita. Gerakan Pramuka untuk wanita pertama kali dipelopori oleh adik Baden Powell yaitu Agnes. Nama dari gerakan Pramuka untuk wanita tersebut adalah Girl Guides.

Dari tahun ke tahun perkembangan gerakan Pramuka di dunia semakin pesat. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan kegiatan jambore. Jambore dunia pertama kali dilakukan di tahun 1920. Tepatnya pada tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus.

Tempat pelaksanaannya ada di kota London. Sekitar 800 orang dari 34 negara berkumpul mengikuti kegiatan jambore tersebut. Bahkan setelah kegiatan jambore dunia ini dibentuklah Dewan Internasional Organisasi Pramuka. Hal ini tentunya membuktikan jika gerakan Pramuka sudah diakui secara global.

Sejarah Pramuka di Indonesia dan Perkembangannya

Perkembangan gerakan Pramuka di dunia sangat berpengaruh pada sejarah Pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Belanda membawa gerakan ini ke Indonesia dengan tujuan untuk memanfaatkan anak muda pribumi.

Namun tokoh Indonesia memanfaatkan gerakan ini untuk membentuk karakter bangsa yang saat itu dijajah. Bahkan gerakan Pramuka juga memicu munculnya gerakan dan organisasi lainnya di Indonesia.

Perkembangan gerakan Pramuka pada masa penjajahan terbilang cukup signifikan. Hal ini karena meningkatnya kesadaran masyarakat. Bahkan saat itu mulailah terbentuk pandu-pandu baru seperti PPS (Pandu Pemuda Sumatera).

Sekitar tahun 1936 akhirnya semua pandu yang ada di Indonesia bersatu dan berubah nama menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia).

Setelah itu kegiatan PERKINO (Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem) dilakukan. PERKINO itulah yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan Jambore sekarang.

Setelah Belanda meninggalkan Indonesia, Jepang masuk ke Indonesia. Pada masa pemerintahan Jepang semua organisasi maupun kepanduan dilarang dan dibubarkan. Namun gerakan Pramuka masih mampu bertahan. Bahkan pada masa ini juga kegiatan PERKINO II dilakukan.

Saat Indonesia merdeka, perkembangan gerakan Pramuka semakin pesat. Hal ini ditandai dengan berdirinya organisasi pandu rakyat Indonesia. Organisasi tersebut didirikan di kota Solo, tepatnya pada tanggal 28 Desember tahun 1945.

Hingga sekitar tahun 1961 an sudah ada 100 organisasi kepanduan berdiri di Indonesia. Organisasi kepanduan ini dibagi menjadi 3 federasi yaitu persatuan putra dan putri Indonesia, persatuan kepanduan Puteri indonesia dan ikatan kepanduan Indonesia.

Pada tahun 1961 ini juga secara resmi gerakan Pramuka dikenalkan ke masyarakat. Sejak saat itu Pramuka di Indonesia cukup banyak diminati, bahkan banyak dilakukan di tingkat sekolah. Hari Pramuka sendiri setiap tahunnya diperingati pada tanggal 14 Agustus.

Bagaimana? Ternyata asik kan mempelajari sejarah pramuka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *